Pentingnya Konsumsi Air yang Cukup untuk Kesehatan

  •  
  • Minum air putih yang cukup diperlukan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan sehat.
  • Studi baru menunjukkan kalau meminum air putih yang cukup dapat memberi khasiat lebih pada tubuh, yaitu memperpanjang usia dan membuat tubuh lebih muda dari usia biologis sebenarnya.
  • Untuk menjaga kesehatan, diperlukan air minum tidak hanya dalam jumlah yang cukup tapi kualitas yang bagus.

  • Seperti yang kita ketahui, minum air putih dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Dimulai dari membantu melancarkan pencernaan makanan, melembabkan kulit dan bibir agar tidak kering, hingga mencegah batu ginjal dan menjaga kesehatan otot, sendi dan sebagainya.Namun, sebuah riset terbaru dari National Institute of Health (NIH), yang diterbitkan dalam jurnal eBioMedicine pada bulan Januari 2023, membuktikan kalau meminum air putih yang cukup ternyata memiliki khasiat kesehatan yang jauh lebih penting, yaitu memperpanjang usia dan mengurangi resiko terkena penyakit kronis.

    Riset tersebut mengkaitkan tingkat natrium di dalam darah dengan usia biologis dan kesehatan seseorang. Tingkat natrium digunakan sebagai indikator pengukur tingkat hidrasi tubuh seseorang. Semakin banyak air yang kita minum, maka hidrasi tubuh akan meningkat. Hal ini dapat menurunkan tingkat natrium di dalam aliran darah sehingga kondisi kesehatan seseorang semakin baik, usia biologis menjadi lebih muda, lebih panjang umur dan tidak mudah terkena penyakit kronis.

     

    MANFAAT MENJAGA HIDRASI TUBUH

    Rentang normal tingkat natrium dalam darah seseorang berkisar 125 hingga 146 milliekivalen per liter (mEq/L). Dari hasil riset tampak sekali, orang yang memiliki tingkat natrium di atas 142 mEq/l memiliki risiko 10-15% lebih tua secara biologis dibanding orang dengan natrium di bawah 142 mEq/l, dan 64% lebih berisiko mengalami penyakit kronis termasuk gagal jantung, stroke, fibrilasi arteri, penyakit paru kronis, diabetes dan demensia.

    "Hasil penelitian menunjukkan bahwa hidrasi yang baik dapat memperlambat proses penuaan dan memperpanjang hidup, bebas dari penyakit kronis," kata ilmuwan peneliti Natalia Dmitrieva dari National Heart Lung and Blood Institute (NHLBI) di Maryland.

     

     

    Walaupun hidrasi bukan satu-satunya faktor yang meningkatkan peluang seseorang untuk memiliki kesehatan sempurna, namun melalui studi ini dapat dilihat keterkaitan yang sangat erat antara tingkat hidrasi dengan kesehatan seseorang.

     

    KUALITAS AIR YANG AMAN DIKONSUMSI

    Saat ini, sekitar setengah dari populasi dunia masih belum mengkonsumsi air sesuai asupan harian yang direkomendasikan (sekitar 1.5 liter per hari). Salah satu penyebabnya adalah tidak adanya akses atas air minum yang bersih dan layak diminum.

    Karena perannya yang penting dalam menjaga kesehatan, memiliki akses pada air bersih sangatlah penting. Natalia Dmitrieva dari National Heart Lung and Blood Institute (NHLBI) di Maryland berkata "Kurangnya kandungan air dalam tubuh adalah faktor yang paling umum meningkatkan natrium, inilah sebabnya mengapa hasil penelitian menunjukkan bahwa tetap terhidrasi dapat memperlambat proses penuaan dan mencegah penyakit kronis."

     

     

    Salah satu cara untuk mendapatkan air murni yang bersih dari virus, bakteri yang bebas kimia adalah dengan menggunakan filtrasi RO (Reverse Osmosis). Waterdrop merupakan salah satu perusahaan yang sadar akan kebutuhan air murni, dan berhasil menciptakan sistim filtrasi RO yang dapat menghasilkan air murni bebas kontaminan berukuran 0,1 nano meter atau 1 per 100.000 lebih kecil dari sehelai rambut.

    Air murni hasil filtrasi dari Waterdrop telah dites dan terbukti lebih baik dari standar yang ditetapkan oleh National Sanitation Foundation, NSF 58 yang merupakan sertifikasi tertinggi untuk filtrasi berteknologi reverse osmosis.

    Asupan cairan, tidak hanya harus cukup tapi juga perlu diperhatikan kualitasnya. Bila kita menggunakan bahan terbaik saat memasak untuk keluarga, tentu kita juga ingin memberikan yang terbaik untuk asupan yang langsung masuk ke dalam tubuh keluarga tercinta.

    Waterdrop sangat peduli dengan kualitas air, dan telah membuktikan dengan mendapatkan sertifikasi yang membuktikan kalau air hasil filtrasi Waterdrop telah teruji memenuhi standar kualitas tertinggi, aman dan jauh lebih murni dari air yang biasa Anda minum.

    Share:

    Posted in Water purifier

    Search engine powered by ElasticSuite