Mikroplastik Dalam Air Minum Kemasan

  • Kebiasaan sehari-hari seperti konsumsi air minum kemasan sebenarnya memiliki dampak terhadap lingkungan.
  • Mikroplastik ternyata ditemukan di dalam air minum kemasan.
  • Solusi sehat tanpa mikroplastik.
  • Mikroplastik

 

 

Akhir-akhir ini kita sering mendengar mikroplastik muncul pada air, udara, bahkan makanan sehari-hari. Mikroplastik dapat diartikan sebagai plastik yang berukuran sangat kecil antara 1 nanometer sampai 5 milimeter dan tidak dapat terlihat oleh mata.

 

Asal mikroplastik

 

 

Mikroplastik yang berada di sekitar kita umumnya berasal dari luruhan kemasan plastik atau barang-barang plastik. Luruhan plastik ini berukuran sangat kecil sehingga mudah terbawa angin atau air.

 

Mikroplastik di dalam air minum kemasan

 

 

 

Tidak hanya terdapat di lingkungan sekitar, mikroplastik juga ada dalam air minum kemasan. Mikroplastik muncul dalam air minum kemasan karena terjadi peluruhan pada sisi bagian dalam botol air minum.

Sebuah penelitian dari Amerika Serikat mengukur berapa banyak jumlah mikroplastik pada beberapa merek air minum di beberapa negara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa air minum kemasan rata-rata memiliki jumlah mikroplastik per liter sebanyak 0 – 10.390 buah (Gambar 1).

 

 

Dampak mikroplastik terhadap kesehatan

 

 

Tanpa sadar, mikroplastik tentu sudah pernah masuk ke dalam tubuh kita. Mikroplastik yang masuk melalui jalur pencernaan akan menyebabkan luka jaringan usus dan lama kelamaan berpotensi menyebabkan kanker usus besar dan rektum. Lebih dari itu, mikroplastik memiliki kandungan bahan kimia karsinogenik yang dapat mempercepat pertumbuhan kanker.

 

Solusi menangkal mikroplastik

 

 

Menghilangkan mikroplastik bisa dimulai dengan mengubah kebiasaan kita yang tanpa sadar merusak lingkungan, seperti konsumsi air minum dalam kemasan. Kita sering kali beranggapan bahwa mengubah kebiasaan merupakan hal yang sulit dan penuh tantangan.

Waterdrop hadir untuk menemani kita mengambil langkah awal perubahan. Langkah sederhana yang tidak hanya meningkatkan kesehatan kita dan keluarga namun juga melestarikan lingkungan.

Pemurni air Waterdrop menggunakan teknologi reverse osmosis (RO) yang dapat menghilangkan mikroplastik dan mengurangi limbah plastik dari penggunaan air minum kemasan.

 

Share:

Search engine powered by ElasticSuite