Musim Hujan Telah Datang: Berkah atau Malapetaka?

  • Hujan, membersihkan udara dari polusi dengan "menyiram" partikel polutan ke permukaan tanah dan mengurangi suhu udara, menjadikan udara lebih bersih dan nyaman untuk dihirup.
  • Meskipun memiliki peran positif, hujan juga membawa tantangan, seperti peningkatan tingkat kelembapan yang dapat mencapai tingkat 95% RH.
  • Selama musim hujan berlangsung sebaiknya gunakan alat penyerap lembap Albert (dehumidifier) dari Stadler Form untuk mengurangi kelembapan udara berlebih guna menjaga tingkat kelembapan ruangan ideal antara 45% hingga 65% RH sehingga menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman.

 

Ketika awan mendung menyelimuti langit kota Jakarta dan hujan mulai turun, hal ini menjadi berkah setelah musim panas yang berkepanjangan, tidak hanya menjadi pertanda perubahan musim tetapi juga membawa harapan untuk mengurangi tingkat polusi udara yang telah melanda Ibukota beberapa bulan terakhir.

Musim hujan, yang umumnya berlangsung dari bulan Oktober hingga bulan April tahun berikutnya, membawa angin segar bagi kota besar seperti Jakarta. Tingkat polusi udara yang tinggi, diperburuk oleh kekeringan dan hawa panas mencapai 35°C-40°C, dapat sedikit mereda dengan turunnya hujan.

Di tengah kehangatan tropis Jakarta, kelembapan sudah menjadi bagian sepanjang tahun karena Ibukota kita berdekatan dengan laut di bagian utara dan selatan. Namun, selama musim hujan dari Oktober hingga April, kelembapan akan terasa lebih intens dengan kisaran humiditas relatif mencapai tingkat 95% RH.

Meskipun pada awalnya mungkin terasa tidak nyaman, perubahan ini membawa dampak positif. Hujan yang disertai kelembapan memiliki peran penting dalam mengurangi tingkat polusi udara yang telah melanda Ibukota selama musim kemarau. Saat musim hujan tiba, kita berpeluang untuk menghirup udara yang lebih bersih dan segar, setelah beberapa waktu terpaut dengan polusi udara.

Selain hujan menghijaukan pohon yang kering akibat kemarau, hujan juga dapat berfungsi sebagai pembersih alami yang "menyiram" partikel-partikel polutan di udara ke permukaan tanah. Selain itu, proses hujan juga memiliki efek alami dalam membersihkan udara dari debu dan zat-zat berbahaya lainnya, menjadikan udara lebih segar dan sehat bagi masyarakat di ibukota. Hujan juga membantu mengurangi suhu udara, membuat udara lebih sejuk dan nyaman untuk dihirup.Meskipun memiliki peran positif, musim hujan juga membawa tantangan baru, seperti peningkatan kelembapan yang dapat mencapai tingkat 95% RH. Peningkatan kelembapan selama musim hujan menciptakan kondisi buruk yang dapat mempengaruhi kesehatan dan kenyamanan serta barang berharga anda.

Dalam menghadapi tantangan ini, disarankan untuk menggunakan alat penyerap lembap seperti Albert (dehumidifier) dari Stadler Form. Alat ini tidak hanya membantu menyerap kelembapan berlebih, tetapi juga secara aktif berkontribusi dalam menciptakan ruangan yang lebih sehat dengan mencegah pertumbuhan dan penyebaran jamur, tungau debu, virus dan bakteri.

 

 

Selama musim hujan berlangsung, nikmatilah udara segar dan sejuk di mana pun Anda berada, karena hujan bukan hanya sekedar air dari langit, tetapi juga pembersih alami dari polusi udara. Pastikan juga untuk menjaga kelembapan ruangan dengan menggunakan penyerap lembap Albert (dehumidifier), yang tidak hanya menurunkan kelembapan tetapi juga menjaga kelembapan ideal antara 45% hingga 65% RH. Menjaga tingkat kelembapan udara di kisaran ideal akan membantu Anda bernapas lebih lega, menjadikan ruangan lebih sehat, melindungi diri Anda dari berbagai penyakit serta melindung barang berharga dari jamur.

 

 

Share:

Posted in Air humidifier, Air dehumidifier and Kelembaban udara

Search engine powered by ElasticSuite