Pentingnya Menghirup Udara Bersih Saat Berolahraga

pentingnya menghirup udara bersih saat berolahraga

Olahraga merupakan hal yang penting bagi kesehatan tubuh dan dapat dilakukan oleh siapapun baik orang dewasa maupun anak-anak. Selain itu, olahraga dapat dilaksanakan kapanpun dan dimanapun kita berada. Namun, kondisi lingkungan tempat berolahraga belum tentu bersih, bahkan sudah tercemar polusi udara. Padatnya kondisi perkotaan saat ini membuat sulit mencari tempat untuk berolahraga di outdoor. Dengan makin banyaknya pembangunan gedung dan perkantoran, dan juga melihat kondisi ruang terbuka hijau di kota besar seperti Jakarta yang hanya tersisa 9% membuat kita tidak nyaman melakukan olahraga karena polusi udara.

Walaupun kondisi ini menghambat untuk dapat berolahraga, masih banyak cara  yang dilakukan, yaitu dengan mengikuti kegiatan-kegiatan seperti car free day dapat mendukung kita untuk berolahraga setiap minggunya, tanpa banyaknya polusi udara. Selain itu, jika khawatir dengan masalah polusi di luar yang semakin meningkat, karena jarak sekitar 15 meter dari jalan raya, kadar polusinya masih cukup tinggi dan tidak jaminan mengenai keamanan di luar sana. Saat ini sudah banyak jenis olahraga yang biasa dilakukan di outdoor namun mudah juga dilakukan di indoor, seperti jogging yang bisa dilakukan di treadmill, ditambah olahraga indoor lainnya seperti aerobic, body combat, yoga, dan sebagainya.

Secara ideal, olahraga indoor harus dilakukan di ruangan yang bersih dan nyaman. Saat berolahraga, setidaknya kita akan menghirup udara 10 kali lebih tinggi dibandingkan saat beristirahat, karena kita akan menarik napas yang lebih dalam sampai ke paru-paru dan lebih sering bernapas melalui mulut. Hal ini membuat udara tidak sempat disaring oleh sistem penyaring yang ada di hidung. Sedangkan, paparan polusi udara dan partikel kecil seperti debu atau asap, bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Dengan keadaan tersebut, maka kualitas udara di dalam ruangan menjadi hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan kegiatan olahraga. Bayangkan saja saat mengambil nafas panjang dalam, tetapi udara tidak tersaring dan justru tanpa disadari kita telah memasukkan banyak polutan berbahaya ke dalam tubuh. Dampak positif yang diharapkan dapat dirasakan melalui olahraga justru dengan instan berubah menjadi hal yang buruk bagi kesehatan apabila kualitas udaranya tidak terjaga.

Menjaga Kualitas Udara Tetap Bersih di Dalam Ruangan

Tidak dipungkuri kita membutuhkan udara yang bersih di dalam ruangan saat beraktivitas maupun saat berolahraga. Terlebih lagi fakta tentang kualitas udara di dalam ruangan yang lima kali lebih buruk dari pada udara di luar ruangan membuat kita seharusnya lebih sadar dan peduli untuk menjaga udara di dalam ruangan.

Udara yang Bersih dengan Pembersih Udara

 

Mulailah menggunakan pembersih udara yang tepat di dalam ruangan sebagai kebutuhan kesehatan, dengan begitu kita pun tidak perlu khawatir terhadap ancaman polutan berbahaya di dalam ruangan. Gunakanlah pembersih udara / air purifier dengan filter partikel yang efektif mampu menyaring 99,97% partikel dan polutan di udara hingga 0,1 mikron. Tentunya  alat pembersih udara ini bisa menjadi solusi untuk mendapatkan udara bersih pada saat berolahraga maupun saat beraktivitas di dalam ruangan.

Udara yang Segar dengan Aroma Diffuser

Untuk mengembalikan kesegaran udara, kegiatan olahraga di dalam ruangan juga dapat didukung dengan aroma diffuser yang dilengkapi dengan aroma essential oil, efeknya dapat langsung menyegarkan pikiran. Menggunakan aroma difusser sambil melakukan kegiatan olahraga dalam ruangan maupun sambil beristirahat. Aroma diffuser dapat menyebarkan aroma essential oil lembut yang tidak berbahaya, yang membuat udara sekitar kita menjadi lebih baik.

 

 

SOLUTIONS


 

 

 

Share: