Tanaman untuk Udara Bersih dan Segar

tanaman pembersih udara

Tahukah Anda bahwa polusi tidak hanya ada di luar ruangan, ternyata di dalam ruangan pun masih terdapat polusi udara yang dapat merugikan penghuninya. Berbagai jenis polusi udara tersebut dapat berasal dari bahan kimia seperti gas, pewangi ruangan, pernis pelapis furniture, debu dari karpet, dan jamur.

Untuk membantu mengurangi polusi tersebut dan sebagai penghijauan, kita dapat memanfaatkan beberapa jenis tanaman di dalam ruangan. Ada sejumlah tanaman yang tidak hanya berfungsi sebagai tanaman hias, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk udara lebih segar dan mengurangi polusi di ruangan.

Manfaat Tanaman Dalam Ruangan

Berikut ini adalah manfaat yang perlu kita ketahui dari berbagai jenis tanaman hias yang cocok untuk di ruangan, diantaranya yaitu:

1. Mengurangi Polusi Udara

Beberapa jenis tanaman seperti Pakis, Sasevieria, Anggrek direkomendasikan untuk membantu mengurangi polusi udara. Tanaman ini dapat menyerap zat benzene yang banyak terdapat pada tembakau, sehingga dapat membantu mengurangi polutan yang berasal dari asap rokok. Hasilnya udara di ruangan dapat lebih bersih dan segar. Tanaman tersebut bisa tumbuh dimana saja, termasuk di dalam pot dan cocok ditempatkan di dalam ruangan.

2. Menjaga Kelembaban Ruangan

Saat ini, dengan kondisi bangunan yang cenderung tertutup dan ketergantungan pada AC dalam penggunaan sehari-hari, menggunakan tanaman seperti Palem dapat membantu melembabkan ruangan secara alami. Ketergantungan kita terhadap AC dapat memberikan efek samping yang membuat udara di dalam ruangan menjadi kering. Untuk mengembalikan kelembaban udara secara alami yang diserap oleh karena penggunaan AC, kita dapat menggunakan tanaman di dalam ruangan. Dengan begitu, kita dapat terhindar dari iritasi yang menyebabkan kulit kering, pecah-pecah, bahkan radang tenggorokan.

Baca Juga: Kualitas Udara Terkini di Jakarta

3. Memberikan Kenyamanan dan Mempercantik Ruangan

Seperti yang kita ketahui, wewangian yang harum pada bunga seperti melati dan lavender, dapat dijadikan sebagai aromaterapi yang memberikan kenyamanan saat beristirahat. Lebih dari sekedar wangi yang nyaman, keharumannya juga dapat memberikan energi yang menyegarkan dan mampu mempengaruhi suasana hati menjadi lebih tenang. Selain itu, dengan adanya penghijauan di dalam ruangan, tanaman mempunyai nilai keindahan sehingga banyak yang dibudidayakan sebagai tanaman hias untuk melengkapi dan mempercantik ruangan. Cara ini banyak diaplikasikan sebagai solusi keterbatasan ruang halaman untuk bercocok tanam. Untuk menambah kesegaran di dalam ruangan kita juga dapat menggunakan alat aroma diffuser dengan aromaterapi oil yang memiliki beberapa pilihan aroma menyegarkan. 

Membersihkan dan Menyegarkan Udara Secara Alami

tanaman pembersih udaraWalaupun penggunaan tanaman ini merupakan cara paling alami untuk mengatasi polusi di ruangan, namun untuk mendukung tanaman tetap hidup dan tumbuh dengan baik, perawatannya pun perlu diperhatikan. Memelihara tanaman di dalam ruangan yaitu dengan menyiraminya dengan air, pemupukan secara berkala, cahaya matahari yang cukup, dan untuk dapat menyejukkan tanaman, udara di ruangan juga harus terjaga kelembabannya. Penggunaan AC juga dapat menurunkan kelembapan udara, salah satunya, dapat terlihat dari daun-daun berubah warna menjadi cokelat. Oleh karena itu, perawatan dan pemeliharaan tanaman harus diperhatikan dengan baik.

Seiring dengan perkembangan teknologi banyak orang memilih cara yang lebih efisien dan praktis yaitu dengan menggunakan produk-produk air care seperti alat humidifier yang dapat memberikan kelembaban pada ruangan yang kering. Selain itu, humidifier dapat membuat tanaman hias yang diletakkan di dalam ruangan  tetap terjaga kesegarannya, sebab tanaman memerlukan tingkat kelembaban udara yang cukup. Menggunakan produk air care lainnya seperti pembersih udara dapat melengkapi fungsi tanaman dalam mengurangi polutan di dalam ruangan. Sehingga menggunakan produk-produk air care tersebut dapat menjadi pilihan alternatif dan melengkapi kebutuhan kita.

SOLUTIONS


 

Share: