Manfaat Menggunakan Essential Oil

manfaat menggunakan essential oil

  • Essential oil sudah menjadi kebutuhan mendasar di area perkotaan.
  • Terdapat lebih dari 50 varian essential oil yang dapat memberikan berbagai efek positif bagi tubuh.
  • Menggunakan alat aroma diffuser yang tepat dapat mengoptimalkan penggunaan essential oil.

Sekilas, banyak yang beranggapan bahwa essential oil hanya digunakan saat ber-yoga, meditasi, ataupun pijat.

Namun sebenarnya, dengan kondisi dan suasana perkotaan yang identik dengan kemacetan lalu lintas, beban dan tingkat pekerjaan tinggi, kualitas udara rendah dan masalah-masalah sosial lainnya, yang semuanya berdampak negatif pada kenyamanan dan tingkat stress kita, penggunaan essential oil bukan sekedar pilihan gaya hidup, tapi merupakan sesuatu kebutuhan mendasar yang sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan kita.

Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh Ruhr University Bochum di Jerman, essential oil terbukti dapat memberikan banyak benefits antara lain; membantu dan meningkatkan kualitas tidur, mengurangi kecemasan, menurunkan tekanan darah, dan bahkan mempercepat regenerasi kulit.

Hingga saat ini sudah ditemukan lebih dari 50 aroma dari essential oils untuk berbagai macam kebutuhan.

Bagaimana Essential Oil bekerja?

manfaat essensial oil

Essential oil dapat dipakai dengan berbagai cara, ada yang diseduh melalui minuman, dioleskan ke kulit, ataupun dengan menggunakan alat penyebar wewangian ke udara (aroma diffuser). Essential oil yang masuk ke dalam tubuh akan masuk ke peredaran darah, menyebar ke organ-organ vital seperti otak, jantung, ginjal, dan paru-paru, dan memberikan efek berbeda tergantung essential oil yang dipakai.

Baca Juga: Dampak Polusi Terhadap Kulit

Beberapa essential oil bahkan memiliki fungsi untuk mengurangi bakteri dan virus. Penggunaan essential oil yang memiliki khasiat anti bakteri ini sudah banyak digunakan untuk keperluan disinfektan dan pembersih rumah tangga.

Cara memilih Essential Oil yang baik

gambar manfaat essensial oil

Kita bisa memilih produk-produk yang sudah tersertifikasi mengandung essential oil, seperti krim kecantikan atau pembersih. Selain itu, ada juga yang dikemas dalam botol yang berisi kandungan essential oil murni untuk digunakan dengan aroma diffuser. Perlu diwaspadai bahwa dalam penghematan biaya, essential oil yang ditawarkan di pasaran banyak yang mencampurkan pengharum dan bahan sintetis (buatan) lainnya ke dalam komposisi essential oil, yang tentunya menurunkan khasiat asli dari essential oil itu sendiri, dan bahkan beresiko membahayakan tubuh kita.

Pilih essential oil yang dikemas dengan menggunakan botol kaca berwarna gelap, karena paparan cahaya matahari yang mengandung UV dapat merusak kualitas dan khasiat essential oil dan botol kaca akan melindungi kandungan essential oil dari degradasi yang sering terjadi di botol plastik.

Gunakan Essential Oil dengan benar

gambar pusing asap

Walaupun memiliki efek yang baik bagi kesehatan, namun, tidak mengaplikasikan essential oil dengan benar justru dapat memberikan dampak negatif bagi penggunanya. Menggunakan essential oil dengan kadar yang berlebihan merupakan kesalahan yang paling umum dilakukan. Sebagai contoh, saat kita menggunakan aroma diffuser tanpa henti, sensorik tubuh kita menjadi terbebani dan merangsang syaraf trigeminal di otak anda, akibatnya, sakit kepala, mual, dan pusing akan dialami oleh penggunanya.

Untuk menghindari hal tersebut, gunakanlah aroma diffuser maksimal 30 menit dalam sekali pemakaian, dan istirahatkan alat tersebut satu sampai dua jam sebelum menggunakannya kembali.

Lebih baik lagi jika memilih dan menggunakan aroma diffuser yang menawarkan fitur atau mode interval, yang secara otomatis menyesuaikan waktu operasional untuk menyebarkan wewangian essential oil secara rata dan luas tanpa berlebihan.

 

 

SOLUTIONS


 

 

 

Share: