8 Hal yang Perlu Diperhatikan agar Rumah Aman dan Bersih Selama Liburan

rumah aman dan bersih selama liburan
  • Sebelum pergi berlibur, pastikan bahwa rumah Anda tetap aman dan bersih. Keamanan memang penting, tetapi usahakan bahwa kebersihan rumah terjaga.

  • Rumah yang lama ditinggalkan tidak memperoleh sirkulasi udara yang baik, ditambah dengan kelembaban tinggi karena musim hujan. Menggunakan alat pembersih udara dan penyerap lembab dapat membantu sirkulasi udara dan menjaga kelembaban udara rumah Anda tetap ideal.

  • Jika Anda tinggal di rumah yang cukup besar, security camera dapat dijadikan pilihan untuk menjaga rumah dari incaran pencuri.

  • Rumah yang tetap aman dan bersih membuat Anda tenang selama berlibur.

Menjelang akhir tahun, tentu banyak yang mulai merencanakan liburan dengan travelling ke luar kota bahkan ke luar negeri. Dengan liburan, ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan, misalnya refreshing, menambah pengalaman dengan mengunjungi tempat baru, terlebih lagi bagi Anda yang sudah berkeluarga, menikmati waktu berkualitas dengan berlibur bersama keluarga tercinta.

Akan tetapi, sebelum berangkat liburan, tentu ada hal-hal yang harus disiapkan agar tidak menyesal ketika pulang nanti. Hal pertama tentu adalah soal keamanan. Pada saat Anda pergi, Anda tentunya akan meninggalkan rumah untuk waktu yang tidak singkat. Tidak tertutup kemungkinan rumah Anda diincar oleh orang-orang jahat. Baru-baru ini, Tamara Ecclestone, putri mantan pemilik lomba balap F1 Bernie Ecclestone, menjadi korban perampokan tatkala berlibur. Menurut BBC ia dilaporkan kehilangan perhiasan senilai 50 juta pound (900 miliar rupiah)! Jadi, sangatlah penting untuk menjaga rumah Anda ketika Anda pergi untuk waktu yang lama.

Selain keamanan, kebersihan juga menjadi hal yang penting. Meninggalkan rumah tanpa membersihkannya terlebih dahulu akan menghasilkan berbagai masalah ketika Anda kembali, seperti perabotan yang berdebu, tembok berjamur dan masalah-masalah lainnya. Tentunya Anda tidak mau menghadapi rumah kotor setelah pulang dengan kenangan manis.

 

 

Pepatah mengatakan, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Agar rumah tetap aman dan nyaman sepulang liburan, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum bepergian.

 

    1. Mengunci Pintu dan Jendela

Memasang kunci pintu dan jendela akan mempersulit pencuri memasuki rumah Anda. Jika perlu, pasanglah dua gembok sekaligus pada pagar. Periksalah agar semua pintu dan jendela telah terkunci sebelum Anda pergi liburan.

 

    2. Menutup Tirai

Menutup semua tirai adalah satu langkah pasti untuk mempersulit orang luar mengintip ke dalam rumah Anda. Jika Anda belum merasa yakin, Anda juga bisa menggunakan penutup jendela atau window blinds karena sebagian cahaya tetap dapat masuk sembari menutup pandangan dari luar.

 

    3. Menitipkan Rumah kepada Orang yang Dipercaya

Salah satu cara paling efektif adalah dengan meminta bantuan orang terdekat, seperti tetangga, atau kerabat yang tidak pergi. Minta kepada mereka untuk memeriksa keadaan rumah sesekali selama rumah ditinggal liburan. Jangan lupa lapor kepada RT/RW atau petugas keamanan sekitar. Selain itu, buatlah kunci cadangan dan berikan seseorang yang bisa dipercaya betul.

 

    4. Menyalakan Lampu Teras

Rumah yang gelap akan menjadi sasaran empuk bagi pencuri. Oleh karena itu, nyalakan lampu teras sehingga rumah tidak terkesan sepi. Jika Anda tidak ingin lampu menyala sepanjang hari, Anda juga dapat menggunakan lampu hemat energi yang dilengkapi timer, sehingga Anda dapat mengatur agar lampu hanya menyala di waktu malam.

 

    5. Mencabut Perangkat Listrik yang Tidak Digunakan

Meskipun tidak digunakan, perangkat elektronik seperti televisi, microwave, pemanggang roti, bahkan komputer tetap mengkonsumsi listrik. Agar Anda tidak kaget menghadapi tagihan listrik yang terlampau tinggi, ada baiknya jika Anda mencabut semua perangkat yang tidak digunakan. Hal ini juga dapat menghindarkan rumah Anda dari risiko kebakaran karena arus pendek (korsleting).

 

    6. Menyalakan Alat Pembersih Udara dan Penyerap Lembab

Rumah yang tertutup selama berhari-hari tidak mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Datangnya musim hujan pada akhir tahun juga mengakibatkan kelembaban udara meningkat. Guna mencegah udara di dalam rumah menjadi pengap atau apak, biasanya digunakan AC (air conditioner) atau fan untuk men-sirkulasi udara. Akan tetapi, tentu mustahil untuk terus menyalakan AC ketika Anda tidak berada di rumah, dan tidak semua fan mampu dioperasikan selama 24 jam. Pilihan terbaik adalah menggunakan alat pembersih udara seperti Blueair, yang mampu beroperasi dengan daya rendah dan menjaga sirkulasi udara tetap baik, selain tentunya membersihkan udara rumah Anda.

Sedangkan untuk mengatasi risiko kelembaban berlebih di rumah saat liburan, Anda dapat menggunakan alat penyerap lembab yang tidak hanya menyerap kelembaban berlebih, namun juga dapat mengatur kelembaban di level yang Anda inginkan. Kami merekomendasikan penyerap lembab Albert (merk Stadler Form) dengan higrostat yang memampukan Anda untuk menjaga kelembaban di dalam rumah Anda pada kisaran idealnya (45% - 65% RH).

 

    7. Membersihkan Rumah

Mungkin Anda berpikir untuk membersihkan rumah setelah kembali dari liburan. Namun, sangat disarankan untuk bersih-bersih dilakukan sebelum Anda berangkat. Setelah liburan, Anda tentu akan merasa letih baik secara fisik dan mental, dan Anda tentu tidak termotivasi untuk melakukannya. Menyapu, mengepel, dan membuang sampah sebelum pergi akan meringankan tugas Anda setelah Anda kembali dari liburan. Membuang sampah akan memperkecil kemungkinan serangga, seperti kecoa, dan tikus memasuki rumah Anda.

Akan tetapi, kegiatan bersih-bersih bisa jadi merepotkan, mengingat banyaknya peralatan yang digunakan. Anda pun harus menggunakan cairan pembersih hanya untuk mengepel lantai. Jika membersihkan lantai dan permukaan terasa berat bagi Anda, Steamkleen Home Pro dapat dijadikan pilihan. Steamkleen hanya menggunakan air yang kemudian diubah menjadi uap panas yang efektif menyingkirkan kotoran, lumut serta membunuh jamur dan juga tungau debu. Tanpa harus menggunakan banyak peralatan, membersihkan rumah pun terasa cepat dan mudah.

 

    8. Memasang Alarm dan Kamera Pengaman

Jika Anda tinggal di rumah besar, mungkin Anda perlu untuk mengambil tindakan ekstra. Studi menunjukkan bahwa rumah yang diperlengkapi dengan sistem keamanan (kamera, alarm) relatif lebih terlindungi dari pencuri. Dengan kamera, Anda dapat mengetahui siapa saja yang masuk ke dalam rumah Anda. Bunyi alarm akan menarik perhatian dan menghalau pencuri melanjutkan aksinya.

Menggunakan kamera pengaman (IPCam) juga dapat menjadi pilihan. Akan tetapi, tidak semua kamera pengaman memiliki kualitas gambar yang bagus, dan sebagian besar kamera yang ada di pasaran tidak mampu mengenali orang yang masuk ke rumah. Anda pun tidak dapat dengan mudah mengetahui apakah rumah Anda menjadi sasaran pencurian sebelum Anda kembali.

Alternatif terbaik adalah menggunakan Netatmo smart camera yang lebih mudah dipasang dan dapat memilah antara orang asing dan orang yang dapat dikenal. Selain itu, Netatmo smart camera merupakan kamera IP (Internet Protocol) yang terhubung dengan internet, sehingga Anda dapat memantau keadaan di rumah Anda secara real time. Ini memudahkan Anda untuk mengawasi rumah Anda, di manapun Anda berada, sehingga keamanan rumah lebih terjamin.

 

Demikianlah tips-tips agar rumah Anda tetap aman dan nyaman selagi Anda berlibur. Mengetahui bahwa rumah Anda tetap aman dan nyaman selama berlibur memberikan ketenangan ekstra. Kenangan manis selama liburan tentu akan tinggal lebih lama ketika Anda pulang ke rumah dengan tenang.

 

SOLUTIONS


netatmo security camera
blueair blue pure 221
stadler form albert dehumidifier

Share: