5 Tips Mudah untuk Tahun Baru Imlek yang Berkesan

  • Perayaan Imlek sangat identik dengan banyak kemeriahan dan selebrasi.

  • Agar Imlek tetap berkesan, siapkan semua keperluan perayaan jauh hari sebelumnya.

  • Salah satu persiapan yang dapat dilakukan adalah dengan membersihkan rumah dan menjaga agar udara tetap bersih.

  • Steam cleaner dan alat pembersih udara menjaga agar rumah Anda tetap bersih, segar, dan nyaman sehingga perayaan Imlek menjadi berkesan.

Gong xi, gong xi! Tidak terasa sebentar lagi Tahun Baru Imlek 2020 akan tiba. Hari raya Imlek yang jatuh pada tanggal 25 Januari ini sangat ditunggu-tunggu dan dirayakan dengan gegap gempita, utamanya bagi masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia. Tahun baru Imlek biasanya identik dengan bermacam-macam kegiatan, mulai dari kembang api, tari barongsai, sembahyang di kelenteng, dan banyak lainnya.

Selain selebrasi, Imlek juga adalah kesempatan untuk berkumpul bersama dengan keluarga dan orang-orang terkasih. Sama seperti Lebaran, Imlek adalah momen di mana keluarga besar berkumpul kembali dan merajut kedekatan. Sedikit kemeriahan pun sah-sah saja supaya hari Imlek terasa spesial dan menyenangkan.

Namun, supaya perayaan Imlek tahun ini membawa kebahagiaan bagi Anda dan orang-orang terkasih, ada hal-hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Tentu Anda ingin memulai tahun yang baru dengan keberuntungan dan kemakmuran alih-alih dengan kerepotan. Agar suasana Imlek meriah dan ceria, cobalah untuk mempersiapkan hal-hal berikut ini.

 

    1. Mempersiapkan Pernak-Pernik Berwarna Merah

 

Menurut legenda, perayaan Imlek bermula sebagai upaya orang China kuno mengusir makhluk jahat bernama nian, yang memangsa baik manusia dan binatang ternak. Pada suatu hari, ternyata Nian takut dengan seorang anak yang berbaju merah. Oleh karena itu, setiap awal tahun, orang-orang pun menghias rumah mereka dengan berbagai ornamen berwarna merah untuk mengusir Nian.

Berdasarkan legenda tersebut, perayaan Imlek selalu penuh dengan pernak-pernik berwarna merah, mulai dari lentera, gantungan, lilin, hingga bungkus angpau. Warna merah dipercaya melambangkan keberuntungan, kesejahteraan, dan kekuatan. Tentu baik bukan jika ketiga hal tersebut datang ke rumah Anda? Jadi, mempersiapkan hiasan berwarna merah sangat baik untuk dilakukan sebelum Imlek.

 

    2. Menyiapkan Angpau

 

Salah satu tradisi unik saat Imlek adalah kebiasaan untuk memberikan uang di dalam amplop merah, yang lazim disebut angpau. Konon, kebiasaan ini bermula ketika para orang tua membagi-bagikan permen dan manisan kepada anak-anak untuk berbagi kemakmuran dan kebahagiaan. Seiring perkembangan zaman, permen diganti dengan uang karena uang lebih dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Angpau biasanya diberikan dari mereka yang sudah berkeluarga kepada mereka yang belum memiliki pasangan. Jika Anda adalah yang memberikan angpau, pastikan Anda sudah menganggarkan jumlah yang akan diberikan sebelumnya. Namun, jangan mengisi amplop dengan uang berjumlah 4 atau berangka ganjil, karena dua angka tersebut dianggap membawa sial. Alasannya, angka 4 dalam bahasa China terdengar seperti kata ‘mati’ dan angka ganjil berhubungan dengan pemakaman.

 

    3. Petasan dan Kembang Api

 

Sudah umum rasanya jika Imlek selalu dirayakan dengan menyalakan petasan atau kembang api. Namun, tahukah Anda asal-usulnya? Menurut kepercayaan Tionghoa, menyalakan petasan atau kembang api dipercaya dapat mengusir nasib buruk dan mengundang keberuntungan ke dalam rumah. Petasan atau kembang api juga dapat membuat perayaan Imlek menjadi lebih meriah.

Menyalakan petasan atau kembang api jelas boleh-boleh saja agar perayaan Imlek di rumah Anda jadi lebih meriah. Akan tetapi, nyalakan di luar ruangan dan bacalah petunjuk pemakaian dengan teliti, guna menghindari cedera atau kerusakan. Hindari menyalakan kembang api di sekitar benda-benda mudah terbakar. Pula, mintalah izin dari tetangga sekitar dan perhatikanlah peraturan yang berlaku, mengingat kembang api mengeluarkan bunyi yang sangat berisik.

 

    4. Membersihkan Rumah

 

Menurut kepercayaan Tionghoa, nasib baik dan keberuntungan akan datang ke dalam rumah selama Tahun Baru, yang berlangsung selama 15 hari. Sebaliknya, membersihkan rumah pada waktu tersebut dianggap tabu, karena dipercaya akan mengeluarkan keberuntungan dari rumah Anda.

Anda boleh percaya atau tidak, namun daripada menghadapi rumah yang kotor selama 2 minggu, jauh lebih baik membersihkan rumah sebelum Tahun Baru tiba. Rumah yang bersih dan rapi akan meningkatkan semangat, membuat mood Anda dan keluarga semakin baik dalam menyambut Imlek. Apalagi jika banyak orang yang bertamu, akan meningkatkan citra diri Anda sebagai pemilik rumah yang baik.

Akan tetapi, membersihkan rumah kerap terasa merepotkan dan menyita waktu. Jika Anda ingin membersihkan rumah dengan efektif dan efisien, kami merekomendasikan steam cleaner Steamkleen Home Pro. Tanpa sabun dan cairan pembersih lainnya, Steamkleen hanya menggunakan air yang dipanaskan hingga 160 derajat Celsius, menghasilkan uap panas yang ampuh membersihkan dan mensterilkan permukaan baik dari kotoran maupun virus dan bakteri. Dengan Steamkleen, rumah Anda pun bersih, menjadikan perayaan Imlek Anda lebih nyaman.

 

    5. Menjaga Udara Rumah Tetap Bersih dan Segar

 

Ketika merayakan Imlek, tentu Anda ingin agar keluarga, dan tamu-tamu Anda dapat menikmati suasana riang dan ceria. Sebagai tuan rumah, Anda pun berusaha sebisanya: membereskan rumah, memasang hiasan, memasak makanan khas, sampai mempersiapkan kegiatan yang menyenangkan. Namun, untuk memastikan tamu-tamu dan kerabat Anda menikmati Imlek tahun ini, ada satu hal lagi yang patut diperhatikan: agar udara di dalam ruangan bersih, segar, dan sehat.

Menyalakan kembang api atau petasan tentu membuat udara terasa tidak nyaman. Guna memastikan udara dalam rumah tetap segar, alat pembersih udara Blueair dan Stadler Form adalah solusi terbaik. Dengan teknologi filter HEPA, keduanya mampu menyaring polutan hingga sekecil 0,1 mikron dan melenyapkan bau tak sedap, menjadikan udara bersih dan nyaman untuk dihirup. Filter karbon di dalamnya mampu menghalau berbagai virus dan bakteri, menjamin kesehatan penghuni rumah Anda. Ditambah dengan produksi udara bersih (Clean Air Delivery Rate – CADR) yang tinggi dan pemakaian daya listrik yang rendah, Blueair dan Stadler Form adalah pilihan tepat agar udara rumah Anda tetap bersih dan segar.

Demikianlah lima hal yang patut dipersiapkan untuk menyambut Imlek 2020 ini. Tidak hanya siap secara selebrasi, adanya Steamkleen dan alat pembersih udara membantu Anda untuk merasakan Imlek yang meriah, bersih, dan juga sehat. Jangan biarkan tikus-tikus berpesta pora di rumah Anda pada tahun Tikus Logam ini.

Gong Xi Fa Chai!

 

 

 

SOLUTIONS

blueair air purifier pro L
Stadler Form Air Purifier Roger

Share: