Tetap Sehat di Musim Hujan - 5 Cara Mudah Melawan Virus Flu

  • Penyakit flu adalah penyakit yang terbilang biasa, dan dapat sembuh dengan sendirinya.
  • Namun, jika tidak ditangani dengan tepat, flu dapat menyebabkan komplikasi dan jadi lebih serius.
  • Flu dapat menyebar dengan cepat melalui udara dan sentuhan.
  • Jika terkena flu, disarankan untuk banyak istirahat dan banyak minum cairan.
  • Selain memiliki gaya hidup yang sehat, gunakan alat pembersih udara untuk mencegah penularan penyakit lewat udara.


Melanjutkan artikel kami sebelumnya mengenai pertumbuhan jamur saat kelembaban udara tinggi di musim hujan, penyakit flu juga merupakan salah satu masalah yang sering muncul pada musim hujan.

Flu sendiri bukanlah penyakit yang luar biasa. Cepat atau lambat, flu dapat sembuh sendiri, tergantung pada kekuatan dan daya tahan tubuh. Pada umumnya orang dewasa dapat terkena flu 2 sampai 3 kali dalam setahun, sedangkan anak-anak jauh lebih sering, yaitu 2 sampai 9 kali dalam setahun. Oleh karena itu, flu sudah menjadi penyakit yang begitu umum, sehingga tidak aneh rasanya menjumpai banyak orang yang terkena penyakit ini. Bahkan, sampai muncul istilah flu season untuk menggambarkan masa atau musim di mana banyak orang menderita penyakit tersebut.

Namun, terkena flu membuat penderitanya merasa tidak nyaman, sangat lelah, dan harus beristirahat, yang berarti hilangnya produktivitas. Flu juga dapat mengarah ke komplikasi yang lebih berat. Tanpa pengobatan yang tepat, flu dapat mengakibatkan penyakit yang lebih parah lagi, seperti bronkitis dan pneumonia.

 

Mengenal Flu dan Cara Penyebarannya

 

Apakah penyebab flu? Flu timbul akibat virus influenza yang menginfeksi hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Ketika seseorang terinfeksi virus flu, gejala yang biasa muncul adalah batuk, bersin, demam, dan sakit tenggorokan. Pada anak-anak, flu juga dapat menyebabkan mual, muntah dan diare.

Flu termasuk penyakit airborne, yakni penyakit yang menyebar di udara. Terdapat setidaknya 800 juta virus yang melayang-layang di udara, dengan hinggap di debu dan uap air. Hujan membawa virus tersebut lebih dekat ke tanah, mengakibatkan virus mudah masuk ke tubuh manusia. Temperatur yang lebih rendah pada musim hujan sangat mendukung bagi virus, termasuk virus flu, untuk berkembang biak.

Tidak hanya lewat udara, virus flu juga menyebar melalui cairan tubuh, misalnya mukus (lendir) dan air liur. Tetesan kecil dari lendir yang dikeluarkan saat batuk atau bersin terisi virus flu yang kemudian menyebar ke udara dengan cepat. Inilah alasan mengapa satu orang yang terkena flu dapat menularkan virus flu ke begitu banyak orang lain, khususnya di tempat dengan banyak orang seperti kantor, stasiun, pusat perbelanjaan, atau kendaraan umum. Selain itu, virus dapat menyebar lewat air liur. Jika orang terjangkit flu menggunakan peralatan makan dan minum, seperti botol, sendok, dan garpu, virus pun dapat pula berpindah ke sana. Orang yang memakai peralatan tersebut pun dapat tertular flu.

 

Tabel perbedaan gejala flu, alergi, dan masuk angin

Tabel Perbedaan Gejala Flu, Alergi, dan Masuk Angin

 

Virus flu juga dapat menyebar melalui sentuhan. Virus dapat hidup di permukaan manapun selama 24 sampai 48 jam. Jika orang yang terkena flu menahan batuk dengan tangannya, virus flu pun berpindah ke tangan ke orang tersebut. Ketika orang itu menyentuh suatu benda, seperti handphone, keyboard komputer, atau gagang pintu, virus flu pun berpindah ke permukaan benda-benda tersebut. Siapapun yang memegang benda-benda itu bisa tertular virus flu.

Ketika tubuh terinfeksi oleh virus flu, maka sistem pertahanan tubuh pun bereaksi. Tubuh dapat bereaksi dengan cara-cara berikut:

  • Batuk dan bersin. Tubuh memproduksi mukus (lendir) untuk menjebak virus flu, dan akhirnya dikeluarkan dengan batuk atau bersin.
  • Demam. Tubuh menaikkan suhu untuk melawan virus flu, mengakibatkan demam.
  • Nyeri otot. Sistem pertahanan tubuh menggunakan protein dari otot, sehingga tubuh terasa nyeri karena kekurangan nutrisi.

Jadi, gejala-gejala flu sebenarnya adalah usaha tubuh untuk melawan infeksi virus flu secara natural. Jika Anda terkena flu, sangat disarankan untuk beristirahat sehingga tubuh dapat lebih efektif memulihkan dirinya sendiri. Akan tetapi, selain perasaan tidak nyaman seperti yang telah dijelaskan, gejala-gejala ini membuat Anda tidak dapat beraktivitas dengan prima.

 

Mencegah Penyebaran Flu

 

Jika Anda terkena flu, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah beristirahat dan meminum banyak cairan, utamanya jika Anda terkena demam. Istirahat yang cukup membantu tubuh untuk melawan virus flu, sehingga proses penyembuhan berjalan lebih cepat. Anda juga dapat meminum obat-obat flu yang dijual bebas untuk mempercepat penyembuhan.

Namun, mencegah selalu lebih baik dari mengobati. Tentu akan lebih baik bagi Anda apabila Anda dapat menjaga diri sendiri tetap sehat, bahkan di waktu flu season sekalipun. Apa saja langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah flu?

1. Mencuci tangan dengan teliti

Virus flu berjangkit baik melalui udara dan sentuhan. Inilah mengapa mencuci tangan sangat disarankan untuk menghindari flu, terutama sebelum makan. Pastikan bahwa Anda mencuci tangan dengan teliti sampai seluruh tangan bersih, sehingga virus dapat hilang total dari tangan Anda.

2. Tidak menyentuh wajah dengan tangan

Tangan Anda menyentuh banyak benda yang bisa saja terdapat virus flu. Untuk mencegah virus menginfeksi tubuh Anda, hindari menyentuh bagian wajah, utamanya mulut, dengan tangan.

3. Tidak berbagi penggunaan barang pribadi seperti botol minum

Virus flu dapat saja menular dari orang lain. Sebaiknya Anda tidak berbagi penggunaan barang pribadi, apalagi yang berkontak langsung dengan mulut, seperti botol minum, sendok, dan garpu.

4. Menjalani gaya hidup sehat

Istirahat yang cukup, olah raga, dan pola makan sehat meningkatkan ketahanan tubuh dalam menghadapi penyakit. Terapkan work-life balance untuk menghindari stres, karena stres berlebihan dapat berpengaruh buruk bagi sistem pertahanan tubuh Anda.

5. Menggunakan alat pembersih udara

Selain melakukan gaya hidup sehat, satu lagi yang bisa Anda pertimbangkan adalah memastikan bahwa udara yang Anda hirup bebas dari virus flu. Menggunakan alat pembersih udara dapat secara efektif membunuh virus flu di ruangan dimana Anda menghabiskan waktu seharian, seperti ruang bekerja atau tempat beristirahat. Pilihlah alat pembersih udara yang selain ampuh membersihkan polutan udara di dalam ruangan, dapat juga membasmi tidak hanya virus flu, tetapi hampir 99,99% semua virus dan bakteri.

 

 

Dengan datangnya musim hujan, tingkat kebutuhan terhadap tubuh yang fit dan prima menjadi sangat tinggi. Meskipun terkesan ringan, flu tetaplah penyakit yang dapat menghalangi Anda dalam beraktivitas. Kesehatan adalah investasi terbesar Anda, tidak hanya terhindar dari sakit-penyakit, Anda perlu sehat untuk tetap produktif sehari-hari.

 

SOLUTIONS


Share:

Posted in Air purifier

Search engine powered by ElasticSuite