Udara yang Bersih dari Dander Hewan Peliharaan

 

Bagi yang memiliki hewan peliharaan berbulu seperti kucing dan anjing, pemilik harus mewaspadai dander yang dihasilkan mereka. Dander yang tidak terkontrol dapat menjadi bahaya untuk kesehatan pemilik dan keluarga yang menyayangi hewan tersebut. Apa itu dander? Menurut Wikipedia, dander adalah serpihan kulit mati hewan yang memiliki bulu. Ukuran dander sangat kecil, hanya bisa terlihat melalui mikroskop. Dander bisa juga diartikan sebagai ketombe bagi hewan peliharaan. Layaknya ketombe pada manusia, maka dander pada hewan juga memiliki bermacam-macam ukuran. Selain ukuran yang sangat kecil, bentuknya juga kasar sehingga dander mudah terbang dan menempel di material apapun, baik itu di pakaian yang kita kenakan, perabotan di dalam rumah kita maupun di makanan yang tidak tertutup rapat.

Berikut ini beberapa solusi untuk meminimalisir jumlah dander penyebab di dalam rumah:

  1. Sikat bulu mereka sesering mungkin agar sel kulit mati tersebut rontok. Lakukan di luar ruangan agar dander tidak menyebar di dalam rumah dan gunakan masker ketika menyikat. Dengan begitu dander yang berjatuhan saat mereka kembali beraktivitas di dalam rumah dapat diminimalisir.
  2. Apakah lebih baik memandikan mereka sesering mungkin agar selalu bersih? Salah, justru semakin sering mereka mandi, kulit mereka akan menjadi cepat kering sehingga mempermudah kulit tersebut menjadi dander. Cukup mandikan mereka dengan jadwal yang konsisten sehingga mereka selalu bersih dan tidak berbau.

  3. Batasi ruang mereka beraktivitas. Apabila memungkinkan, tempatkan mereka di sebuah ruangan khusus untuk mereka tidur dan beraktivitas. Letakkan air purifier atau alat pembersih udara di ruangan tersebut untuk menyaring dander sehingga tidak beterbangan di udara. Atau bila pemilik merasa tidak tega membatasi ruang gerak hewan kesayangan, mereka bisa membatasi ruang gerak hewan dari ruangan-ruangan penting seperti kamar tidur dan dapur atau ruang makan. Di ruang tidur terdapat kasur dan bantal yang bisa menjadi tempat bersarangnya dander dan tungau debu. Tentu saja anda tidak ingin tubuh dan kepala Anda menempel langsung dengan dander dan tungau debu yang bertebaran di bantal dan kasur tersebut ketika Anda beristirahat. Begitu juga Anda tidak ingin dander dan tungau debu menempel pada makanan yang akan dimakan.

  4. Gunakan air purifier dengan filter HEPA (High-efficiency Particulate Air) seperti Roger dari Stadler Form agar dander tidak beterbangan di dalam ruangan karena sudah tersaring oleh alat pembersih udara tersebut. Pastikan untuk memilih air purifier yang sesuai dengan ukuran ruangan karena air purifier bekerja efektif apabila kapasitas mesin disesuaikan dengan luas ruangan. Air purifier dapat diletakkan dekat dengan tempat tidur hewan peliharaan dan juga di sudut-sudut ruangan tempat hewan peliharaan sering beraktivitas. Dengan begitu ketika anggota keluarga sedang bermain bersama hewan kesayangan mereka, udara di dalam rumah tetap terjaga dengan bersih karena dander dan tungau debu sudah tersaring di dalam alat pembersih udara.

SOLUTIONS


 

Share:

Posted in Air purifier

Search engine powered by ElasticSuite