Prioritas Jokowi untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Anak

Pada tanggal 14 Juli 2019, Presiden Republik Indonesia terpilih untuk periode 2019 - 2024, Bapak Joko Widodo memberikan pidato pertama kali kepada masyarakat Indonesia. Diadakan di Sentul International Convention Center, Jawa Barat, Beliau membahas visi untuk dicapai dalam lima tahun ke depan. Salah satu topik yang menjadi perhatian khusus adalah jaminan pemerintah untuk melindungi hak ibu hamil, bayi, balita dan anak-anak untuk mendapat kesehatan sepenuhnya.

presiden republik indonesia joko widodo atau jokowi memberikan pidato di atas panggung

“Kita akan memberikan prioritas pembangunan kita pada pembangunan sumber daya manusia. Pembangunan SDM menjadi kunci Indonesia ke depan. Titik dimulainya pembangunan SDM adalah dengan menjamin kesehatan ibu hamil, kesehatan bayi, kesehatan balita, kesehatan anak usia sekolah. Ini merupakan umur emas untuk mencetak manusia Indonesia yang unggul ke depan. Itu yang harus dijaga betul. Jangan sampai ada stunting, kematian ibu, atau kematian bayi meningkat. Tugas besar kita di situ!” kutipan dari Bapak Presiden kemarin malam.

diagram persentase populasi penduduk indonesia berdasarkan usia

Jumlah populasi anak-anak di Indonesia pada rentang usia 0 hingga 14 tahun adalah 27,3% dan terus meningkat sehingga pemerintah perlu membuat program untuk melindungi kesehatan mereka. Selain faktor gizi yang cukup, keperluan akan udara bersih juga tidak dapat diabaikan. Paparan PM10 dan PM2,5 di negara-negara berkembang (termasuk Indonesia) tingkatnya adalah empat sampai lima kali lipat dibandingkan dengan negara-negara maju. Fakta ini memaksa kita untuk semakin waspada terhadap udara yang kita hirup.

Baca juga: 4 Solusi Mengatasi Masalah Udara di Rumah

Tahukah Anda bahwa kelompok yang paling rentan terhadap polusi udara ialah anak-anak dan ibu hamil? Selain makanan dan minuman, sesuatu yang kita masukkan ke dalam tubuh setiap hari adalah udara yang kita hirup. Saat partikel polutan tersebut masuk dan sampai pada janin ibu, tentulah akan mengganggu tumbuh kembangnya. Sistem imun pada bayi yang berperan melawan infeksi menjadi lemah. Si kecil jadi mudah batuk dan demam. Udara kotor yang terhirup oleh ibu dan janinnya juga dapat mengakibatkan timbulnya masalah berat badan rendah saat bayinya baru lahir, terhambatnya perkembangan paru-paru, hingga asma.

diagram frekuensi pernapasan anak normal berdasarakan usia

Ada alasan penting mengapa harus menjaga sistem dan organ pernapasan di usia sedini mungkin. Dapat dilihat pada grafik di atas bahwa semakin kecil usia seseorang, ternyata semakin banyak frekuensi pernapasannya dalam satu menit. Hal ini memberi kesimpulan bahwa si kecil berisiko menghirup udara kotor jauh lebih banyak daripada orang dewasa. Anak-anak juga lebih rentan karena tinggi tubuh mereka masih lebih rendah atau lebih dekat ke permukaan tanah dibanding tubuh orang dewasa. Polutan berbahaya juga banyak terkumpul di permukaan tanah, yang jika terhirup akan mengganggu perkembangan tubuh dan otak mereka.

Solusi untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan anak-anak adalah dengan pemasangan air purifier yang ampuh melindungi mereka dari bahaya polusi udara. Gunakan Roger Air Purifier dari Stadler Form untuk menjaga kesehatan bayi baik yang masih di dalam kandungan, maupun yang sudah lahir. Dengan menghirup udara bersih, kebahagiaan keluarga Indonesia pun dapat terwujud.

                            

SOLUTIONS


Share:

Posted in Air purifier

Search engine powered by ElasticSuite