Tetap Sehat Saat Berpuasa di Masa Pandemi

 

  • Bulan Ramadan tahun ini tiba di saat dunia sedang mengalami masalah pandemi, sehingga menuai banyak pendapat baik pro maupun kontra.

  • Saat berpuasa, dikhawatirkan tubuh akan menjadi lemah dan berisiko terjangkit virus.

  • Tidak hanya memperhatikan konsumsi makanan dan minuman, kebersihan udara di ruangan juga perlu diperhatikan untuk tetap sehat saat berpuasa.

 

Seluruh umat Muslim di dunia telah memasuki bulan Ramadan, bulan suci yang penuh berkah. Selama bulan Ramadan, umat Muslim menunaikan ibadah puasa, menahan diri bukan hanya dari makanan dan minuman, tapi juga dari pikiran dan perbuatan buruk.

Berpuasa merupakan kewajiban bagi semua umat Islam, kecuali anak-anak, mereka yang sedang bepergian, wanita hamil dan yang sedang sakit. Berpuasa bagi umat muslim memberi banyak nilai: ketakwaan, kemuliaan, dan kesehatan.

Namun, masalahnya bulan Ramadan tahun ini tiba di saat dunia sedang mengalami masalah pandemi. Banyak orang mengemukakan pendapat baik pro maupun kontra atas apakah sebaiknya puasa dilaksanakan saat ini atau ditunda. Alasan dari yang berpendapat bahwa puasa harus ditunda adalah karena saat berpuasa tubuh akan menjadi lemah dan oleh sebab itu akan memiliki risiko lebih mudah terjangkit virus. Tentunya pendapat seperti ini sangat kontroversial dan mengundang banyak kritik dari berbagai pihak.

Selama bulan Ramadan, banyak kegiatan positif yang dijalankan oleh umat Islam disamping berpuasa, seperti berbuka puasa bersama, bersedekah, bersholat tarawih, ber I’tikaf, dan lain sebagainya.

 

Menunaikan Ibadah Puasa dengan Aman tanpa Mengurangi Esensinya

 

 

  • Sebisa mungkin beribadah di rumah. Ibadah streaming juga bisa dijadikan alternatif agar orang-orang tetap di rumah. Jika sedang dalam perjalanan dan harus berjamaah di masjid, gunakan masker dan jaga jarak aman. Pilihlah masjid yang mengerti pentingnya jaga jarak aman, dengan memberi tanda/batas jarak di tempat beribadah.

  • Memberi kepada orang yang butuh merupakan perbuatan yang berpahala. Bila ingin bersedekah namun tidak ingin keluar rumah karena mengikuti aturan jaga jarak yang sedang berlaku, maka melakukannya secara transfer online langsung ke yayasan atau panti asuhan yang telah dipilih merupakan opsi yang patut dipertimbangkan.

  • Buka puasa bersama teman-teman, kolega maupun keluarga besar adalah momen yang dinanti-nantikan pada saat Ramadan. Walaupun harus ada pembatasan sosial, berbuka puasa dengan menikmati hidangan sembari berbincang santai dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi pertemuan video seperti Zoom atau melalui media sosial lainnya.

 

Tetap Sehat Selama Berpuasa

 

 

Berpuasa itu sehat, banyak manfaatnya bagi kesehatan, seperti menurunkan berat badan, mengontrol kadar gula dalam tubuh, menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mencegah penyakit kardiovaskular. Dengan berpuasa, organ tubuh dapat beristirahat selama beberapa jam dan kondisi ini dimanfaatkan untuk memperbaiki jaringan dan sel-sel yang rusak. Puasa juga dapat menurunkan hormon kortisol sehingga orang yang berpuasa akan dapat merasa lebih rileks dan terhindar dari stress.

Konsumsi makanan dan minuman yang sehat bisa membantu menjaga imun tubuh selama berpuasa. Asupan gizi dan nutrisi harus tetap dijaga. Mengkonsumsi suplemen/multivitamin juga bisa jadi solusi untuk melengkapi kebutuhan nutrisi.

Untuk sehat, terkadang kita hanya memperhatikan konsumsi makanan dan minuman, tanpa memikirkan bahwa kita jauh lebih banyak mengkonsumsi udara. Dalam sehari, tanpa sadar kita menghirup sekitar 10.000 liter udara. Jika tidak diperhatikan kebersihannya, berbagai macam virus dan polutan pemicu penyakit dapat masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kebersihan udara yang kita hirup agar kesehatan juga tetap terjaga setiap saat, terutama saat berpuasa.

Alat pembersih udara berkualitas dapat membantu menjaga udara tetap bersih di dalam rumah. Secara otomatis hal tersebut dapat melindungi kita dan keluarga serta mengurangi  kekhawatiran tubuh menjadi lemah dan rentan terhadap penyakit saat berpuasa.

Pastikan udara bersih, pikiran dan perbuatan bersih di bulan suci ini dengan pembersih udara Blueair dari Swedia dengan teknologi HEPASilentTM, atau Roger dan Roger Little dari Stadler Form dengan Dual filter.

Jangan sampai wabah virus ini menghambat ibadah puasa di bulan yang penuh berkah. Tetap sehat selama berpuasa!

 

SOLUTIONS

Blueair Air Purifier Blue Pure 221 Particle Activated Carbon
Blueair Air Purifier Blue Pure 411 Particle Activated Carbon
Stadler Form Air Purifier Roger
Stadler Form Air Purifier Roger Little

 

Share: