Rumah Bersih Sehat Walau Ditinggal Mudik

 

 

Libur dan cuti bersama hari raya Lebaran tahun ini menjadi momen yang paling dinanti baik bagi umat yang merayakan maupun yang tidak, karena akhirnya setelah kurang lebih 2 tahun “terkurung” dari pandemi Covid-19, kini pintu untuk travelling sudah mulai dibuka kembali. Jika Anda berencana untuk meninggalkan rumah untuk waktu yang panjang, baik mudik atau liburan ke luar kota atau luar negeri, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

 

Kebanyakan orang fokus mempersiapkan mudik atau liburan dan mengabaikan persiapan untuk kembali ke rumah. Setelah meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, rumah akan cenderung menjadi kotor, lembap bahkan terkesan tidak terawat ketika kembali ke rumah, apalagi bagi sebagian orang yang mengandalkan ART atau asisten rumah tangga untuk merawat rumah, yang kini terpaksa ditinggal mudik juga. Meninggalkan rumah tanpa membersihkannya terlebih dahulu akan menghasilkan berbagai masalah ketika Anda kembali, seperti perabotan yang berdebu, tembok berjamur dan masalah-masalah lainnya. Padahal, setelah perjalanan panjang, tentunya kita ingin dapat beristirahat dengan nyaman, tanpa pusing urusan bersih-bersih rumah.

 

- Bersihkan seluruh rumah sebelum ditinggalkan

 

 

Saat hendak pergi lama, mungkin Anda sibuk berkemas atau memikirkan membawa oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman. Membersihkan rumah biasanya menjadi hal terakhir yang ada di benak Anda sebelum mudik. Namun sebaiknya, Anda bersih-bersih sebelum berangkat karena setelah liburan, Anda tentu merasa lelah dan harus mempersiapkan fisik dan mental untuk kembali beraktivitas. Bersih-bersih pasti menjadi beban yang sangat memberatkan untuk dilakukan.

Namun kami mengerti bahwa bersih-bersih rumah bukanlah hal yang sepele. Untuk membersihkan lantai saja, Anda bukan hanya harus menyapu, tapi juga harus mengepel setelahnya. Bayangkan proses panjang yang Anda harus jalankan; ribet dan jorok pula.

Untungnya, teknologi peralatan pembersih rumah masa kini dapat membantu mempermudah. Dengan menggunakan steam cleaner, pembersih berteknologi uap steril dari Steamkleen, Anda dapat dengan mudah membersihkan lantai sekaligus membunuh kuman, jamur dan tungau hanya dengan air biasa yang dididihkan menjadi uap panas yang steril. Steam cleaner menggantikan sapu dan pel sehingga Anda tidak perlu gonta-ganti peralatan, membersihkan rumah baik lantai, karpet, gorden, hingga sofa menjadi lebih cepat, mudah dan higienis.

 

- Kunci seluruh pintu dan nyalakan lampu teras serta balkon

 

 

Sebelum meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang panjang, pastikan Anda telah menutup dengan rapat seluruh jendela dan mengunci semua pintu. Jangan lupa untuk double check! Jika memungkinkan, titipkan rumah Anda ke orang terdekat yang Anda percayai untuk memeriksa secara berkala selama Anda mudik atau liburan.

 

- Nyalakan air purifier selama Anda meninggalkan rumah

 

 

Rumah yang tertutup selama berhari-hari tidak mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Untuk mencegah munculnya bau tidak sedap, pengap, dan apek, biasanya kita menggunakan AC (air conditioner) atau kipas untuk mendinginkan ruangan dan menjaga sirkulasi udara dalam ruangan. Akan tetapi, tentu mustahil untuk terus menyalakan AC ketika Anda tidak berada di rumah karena tagihan listrik Anda bisa membengkak, dan tidak semua fan mampu dioperasikan selama 24 jam. Pilihan terbaik adalah menggunakan alat pembersih udara seperti Blueair, yang mampu beroperasi dengan daya rendah dan menjaga sirkulasi udara tetap baik, selain tentunya membersihkan udara rumah Anda. Dengan menyalakan pembersih udara seperti Blueair DustMagnet™ yang dapat menangkap debu seperti magnet, Anda tidak perlu repot membersihkan debu yang menumpuk ketika kembali ke rumah, karena sudah tertangkap oleh teknologi charged pre-filter pada seri Blueair terbaru ini.

 

- Nyalakan dehumidifier untuk menghindari kelembapan berlebih

 

 

Selain tidak ada sirkulasi udara, cuaca yang tidak menentu dan curah hujan yang tinggi juga mengakibatkan kelembapan udara di rumah meningkat. Kelembapan udara berlebih dapat menimbulkan bau tidak sedap bahkan tembok dan perabotan bisa berjamur bahkan rusak. Untuk mencegah risiko kelembapan berlebih di rumah saat ditinggal liburan, Anda dapat menggunakan alat penyerap lembap yang tidak hanya menyerap kelembapan berlebih, namun juga dapat menjaga kelembapan di kisaran yang Anda inginkan. Kami merekomendasikan penyerap lembab Albert dari Stadler Form dengan hygrostat, alat pengatur tingkat kelembapan, yang memampukan Anda untuk menjaga kelembapan di dalam rumah Anda pada kisaran idealnya (40% - 60% RH).

Pastikan Anda menjalankan tips yang kami paparkan di atas supaya ketika Anda kembali ke rumah, Anda tidak stres menghadapi rumah yang kotor dan serasa tidak terawat. Baik Anda pergi mudik, pergi liburan atau ditinggal mudik ART, rumah tetap terawat, bersih dan nyaman ketika kembali.

 

 

Share: