Apakah Pembersih Udara Dapat Menghilangkan Virus Corona dari Udara?

 

Sudah lebih dari setahun kita berhadapan dengan virus corona berikut dampaknya pada kesehatan kita. Hal ini tentunya menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana kita dapat melindungi diri dari virus yang sangat menular ini. Melalui uji independen yang dilaksanakan oleh laboratorium bereputasi, Stadler Form memastikan keampuhan pembersih udara seri Roger dalam menyaring virus corona dari udara – dan hasilnya sangat menjanjikan. Rangkaian pembersih udara seri Roger secara drastis mengurangi jumlah virus SARS-CoV-2 di udara dalam waktu singkat.

 

Apa sebenarnya arti dari istilah virus corona, SARS-CoV-2 dan COVID-19?

Penting untuk membedakan istilah yang berkaitan dengan virus corona, yaitu virus corona, COVID-19, dan SARS-CoV-2, dan menggunakannya dengan benar. Nama resmi varian virus corona saat ini adalah SARS-CoV-2 yang merupakan singkatan dari severe acute respiratory syndrome coronavirus 2, atau berarti sindrom pernafasan akut parah coronavirus 2. Virus ini berasal dari keluarga virus corona. Sedangkan COVID-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, atau merupakan gabungan dari COrona VIrus Disease, atau berarti penyakit virus corona.

 

Penyebaran Virus Corona melalui Udara

Dalam banyak kasus, seseorang dapat terinfeksi virus SARS-CoV-2 ketika menyentuh permukaan yang terkontaminasi virus lalu berpindah ke hidung, mulut dan mata, serta melalui udara, baik penularan secara droplet maupun aerosol yang terkontaminasi virus tersebut. Partikel virus dipancarkan ke udara saat Anda berbicara, bersin dan batuk atau bahkan saat Anda bernapas. Virus tersebut terbang di udara dan juga dapat menetap di permukaan dalam jangka waktu yang cukup lama. Jika virus dari udara dihirup oleh orang lain di sekitarnya secara langsung atau setelah jangka waktu tertentu, maka orang tersebut dapat terinfeksi virus corona. Jumlah virus di udara sangat tinggi, terutama di ruang tertutup dengan ventilasi yang buruk. Memiliki ventilasi yang cukup dapat mengurangi konsentrasi virus untuk beberapa saat. Namun, hal ini bukan cara yang paling efektif untuk mengurangi virus corona di dalam ruangan. Selain protokol kesehatan wajib seperti membatasi kontak sosial, menjaga jarak, memakai masker medis dan mencuci tangan secara teratur, pembersih udara juga dapat meningkatkan perlindungan dari virus corona. Pembersih udara yang dapat menghasilkan udara bersih banyak (dengan tingkat CADR tinggi) patut dipertimbangkan guna mengurangi potensi penyebaran virus corona dengan cara menyaring virus dari udara, sehingga mengurangi konsentrasi virus dan risiko infeksi.

 

Uji Pembersih Udara Roger untuk Virus Corona

Dalam video ini, Samuel menjelaskan hasil uji pembersih udara Roger dari Stadler Form terhadap SARS-CoV-2 dan memaparkan cara kita dapat melindungi diri dari virus corona.

Stadler Form melakukan uji atas serangkaian pembersih udara seri Roger dengan menunjuk laboratorium independen, Airmid di Inggris untuk memastikan efektivitasnya menyaring virus corona. Uji dilakukan dengan menempatkan pembersih udara Stadler Form di ruang uji dengan volume 28,5 m3 di mana Roger dinyalakan dan dibiarkan menyala selama 60 menit. Jumlah virus di udara diukur selama dan setelah masa uji. Setelah 1 jam, Roger dan Roger Little berhasil mengurangi jumlah virus di dalam ruangan hingga 99,3%. Roger Big – pembersih udara Stadler Form untuk kantor dan ruangan besar hingga 104 m2 – bahkan dapat membersihkan hingga 99.9%. Hasil ini menjadikan Stadler Form salah satu produsen pembersih udara pertama untuk penggunaan pribadi yang telah membuktikan efektivitas perangkatnya terhadap virus corona.

Hasil performa Roger Big dalam menghilangkan virus MS2 (sumbu x = waktu dalam menit, sumbu y = jumlah virus di udara dalam %)

Virus MS2 yang digunakan dalam pengujian adalah virus RNA seperti virus SARS-CoV-2. Karena karakteristik aerosolnya mirip dengan virus manusia, viabilitas dan ketahanannya terhadap desinfeksi, virus MS2 biasanya digunakan dalam pengujian pembersih udara sebagai pengganti virus dengan ukuran yang sama*. Kemampuan mengurangi virus MS2 yang ukurannya lebih kecil menjadi dasar kesimpulan bahwa virus SARS-CoV-2 yang lebih besar juga akan berkurang setidaknya pada tingkat yang sama.

 

Roger dan Roger Little membersihkan virus corona hingga 99.3% dan Roger Big mampu membersihkan hingga 99.9% virus SARS-COV-2

 

Pembersih Udara Sebagai Perlindungan Tambahan Terhadap COVID-19

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA), "Bila digunakan dengan benar, pembersih udara dapat membantu mengurangi polutan udara di bangunan tempat tinggal atau ruangan tertutup, termasuk virus." ** Pembersih udara seperti Roger dapat membantu mengurangi risiko infeksi virus dan dengan demikian memberi keluarga dan siapa pun di rumah perlindungan terbaik agar tidak terinfeksi virus corona. Di toko-toko, restoran, salon, serta sekolah, pembersih udara Roger juga dapat memberi anak-anak dan karyawan perlindungan tambahan agar tidak terinfeksi virus corona.

 

*Dengan ukuran diameter sekitar 25nm, ukuran virus MS2 setidaknya 4x lebih kecil dari virus SARS-CoV-2 dengan ukuran diameter 120nm.
**EPA: “Will an air cleaner or air PURIFIER help protect me and my family FROM COVID-19 in my home?”, 12. January 2021 - www.epa.gov/coronavirus/will-air-cleaner-or-air-purifier-help-protect-me-and-my-family-covid-19-my-home

 

 

SOLUTIONS

 

Share: