Kebersihan Ideal untuk nge-Gym yang Maksimal

  • Studi: Gym memiliki polusi udara tinggi, tingkat kelembapan tidak ideal, dan peralatan yang kotor.
  • Air purifier, dehumidifier, humidifier, dan steam cleaner menjaga gym tetap bersih.
  • Selain membuat nyaman pengunjung, kebersihan yang terjaga akan menguntungkan gym secara komersial.

Memiliki tubuh sehat merupakan alasan umum mengapa orang mendatangi gym. Namun, setiap pengunjung gym bisa saja memiliki tujuan yang berbeda-beda: ingin memperoleh bentuk tubuh ideal, memperluas jaringan perkenalan, atau sekadar mengisi waktu luang. Apa pun tujuan itu, terjangkit penyakit pasti bukanlah salah satunya.

Akan tetapi, bagaimana jika gym justru dapat menyebabkan pengunjungnya jatuh sakit? Studi yang dipublikasikan di jurnal Building and Environment oleh para peneliti Portugal dan Belanda menunjukkan udara di gym ternyata dicemari oleh senyawa organik jenis formaldehida yang dapat menimbulkan sesak napas dan kanker. Menumpuknya polutan tersebut diakibatkan oleh aktivitas gerak yang intens, emisi dari pengunaan alat-alat fitness, dan ventilasi yang tidak memadai.

Fakta di atas tentu tidak menyenangkan, sebab orang yang berolahraga lazimnya menghirup udara sebanyak 100–120 liter permenit — hampir 20 kali lipat lebih banyak dibandingkan ketika beristirahat. Terlebih mereka biasa mengandalkan pernapasan melalui mulut sehingga udara yang dihirup luput dari sistem filtrasi alami pada nostril (lubang hidung). Akibatnya, polutan dapat dengan mudah masuk ke paru-paru, bahkan organ vital lainnya seperti jantung.

Udara berkualitas baik juga harus memiliki tingkat kelembapan ideal (45%–65% RH). Dengan silih bergantinya pengunjung yang menghabiskan waktu berjam-jam untuk bergerak, tidak mengherankan jika jamur dan virus dapat tumbuh dengan cepat di gym karena kadar air yang tinggi (>65% RH). Namun, akibat beberapa kondisi tertentu seperti ruangan tertutup dan penggunaan AC terus-menerus, gym pun tidak dapat terhindar dari kelembapan udara rendah (<45% RH) yang dapat mengakibatkan dada terasa nyeri serta kulit dan mulut terasa kering.

 

 

Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah kebersihan peralatan. FitRated menemukan bahwa exercise bike memiliki bakteri 39 kali lebih banyak dari wadah makanan plastik, treadmill mengandung bakteri 74 kali lebih banyak dari keran umum, dan free weight menyimpan bakteri 362 lebih banyak dari dudukan toilet. Sementara itu, yoga mat adalah area strategis untuk perkembangbiakan bakteri. Dengan penggunaan berkali-kali oleh banyak orang, bayangkan betapa tidak sterilnya semua peralatan di gym!

Sale!

Share:

Posted in Essentials

Search engine powered by ElasticSuite