Ancaman Polusi Udara pada Anak

 

  • 90% anak-anak di dunia tidak bisa menikmati udara bersih.
  • Polusi udara menghambat pertumbuhan fisik dan mental anak sejak di kandungan.
  • Pembersih udara dengan elektrostatik, filter HEPA, dan karbon aktif menjadi solusi lengkap untuk mengurangi tingkat polusi di ruangan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa polusi udara bertanggung jawab atas tujuh juta kematian dini setiap tahunnya.

Hal ini sangat erat kaitannya dengan kondisi dimana 90% anak-anak dari seluruh penjuru dunia menghirup udara dengan tingkat polusi yang tinggi.

Tidak hanya pada anak-anak, bahkan saat masih di dalam kandungan pun mereka sangat rentan terhadap udara yang berpolusi.

Secara tidak langsung hal ini dapat mempengaruhi pertumbuhan sel tubuh dan otak serta perkembangan mental anak.

3 Ancaman Polusi Udara pada Anak

1. Polusi Udara Mempengaruhi Bayi yang Lahir

Polusi udara tanpa disadari dapat meningkatkan resiko bayi lahir dengan berat badan yang rendah dan membahayakan pertumbuhannya.

Penelitian yang dilakukan di London ini menyebutkan bahwa ibu hamil yang menghirup polusi diluar batas aman, dapat mengakibatkan terganggunya kesehatan kandungan dan dapat membuat bayi lahir dengan kondisi tidak normal.

Dalam penelitian ini dikatakan bahwa setiap penambahan 5 µg/m3 polusi udara, menambah 15% resiko anak lahir dengan berat badan dibawah 2,5 kg.

Hal ini selain menambah resiko kematian pada bayi, juga memberikan efek seumur hidup yaitu lebih rentan terkena penyakit diabetes, jantung, penyakit kronis, dan lainnya.

2. Polusi Udara terhadap Paru-Paru Anak

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Lancet Public Heatlh, ditemukan bahwa polusi udara dapat menghambat pertumbuhan paru-paru pada anak dan mengakibatkan penyusutan ukuran hingga 5% lebih kecil dibanding ukuran normal.

Prof Chris Griffiths, salah satu peneliti dari Queen Mary University of London, mengatakan bahwa kondisi paru-paru yang lebih kecil saat memasuki umur 18, dapat mengakibatkan resiko yang lebih tinggi terkena penyakit paru-paru seperti asma yang dapat berujung pada kematian dini.

3. Polusi Udara penyebab Autis

Autism Spectrum Disorder (ASD) atau yang dikenal dengan autis merupakan gangguan perkembangan mental yang dimulai sejak usia 6 bulan sejak dalam kandungan dan makin diperparah bila tidak ada penanganan yang tepat seiring bertambahnya usia.

Data terakhir menyebutkan bahwa 1 dari 125 bayi terancam lahir dengan kondisi autis, yang artinya permasalahan autis ini perlu perhatian serius terutama dari para orang tua.

Dari pengamatan beberapa ahli, ditemukan bahwa buruknya kualitas udara yang dihirup seorang ibu selama mengandung serta kualitas udara di lingkungan tempat tinggal anak dapat meningkatkan resiko anak terkena autis.

Solusi Untuk Kesehatan Anak

solusi kesehatan untuk anak

Bila melihat pada permasalahan ini lebih dalam, kita mengetahui bahwa ibu hamil dan anak-anak menjadi pihak yang perlu diperhatikan dan dilindungi dari paparan polusi udara, apalagi, belum ada obat untuk permasalahan yang dijelaskan diatas, sehingga pencegahan menjadi satu-satunya pilihan untuk menjaga kesehatan sang buah hati.

Secara umum, 90% aktivitas kita dilakukan di dalam ruangan, yang dimana bagi ibu hamil dan anak-anak yang sangat minim aktivitas di luar ruangan mungkin mempunyai persentase yang lebih besar lagi.

Sehingga, walaupun udara di luar ruangan tidak bisa kita kontrol, namun, udara didalam ruangan masih dapat kita jaga.

Baca Juga: Kualitas Udara Terkini di Jakarta

Cara yang paling mudah dan efektif untuk dilakukan adalah dengan menggunakan alat pembersih udara yang tepat.

Blueair merupakan salah satu alat pembersih udara yang berkualitas dan dilengkapi elektrostatik untuk membunuh kuman dan virus, filter HEPA untuk menyaring partikel mikroskopik, serta karbon aktif untuk mengurangi bau dan gas di dalam ruangan.

Sehingga, dengan menjaga kualitas udara di ruangan, akan sangat membantu ibu dan anak agar terhindar dari berbagai penyakit yang tidak diinginkan.

 

SOLUTIONS


 

Share:

Posted in Polusi udara

Search engine powered by ElasticSuite